RPP BAHASA & SASTRA INGGRIS KELAS X K13 REVISI 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : MAN 1 Mataram
Mata pelajaran : Bahasa Dan Sastra Inggris (Peminatan)
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok : Teks formulir isian yang digunakan di
                                          perusahaan, bank, instansi, dll.
Alokasi Waktu : 2 x 3 JP (6 x 45 menit)


A. Kompetensi Inti (KI)
· KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
· KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
· KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
3.1 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk formulir isian yang digunakan di perusahaan/ bank/instansi lain, dengan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan informasi yang relevan, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.1.1  Mengidentifikasi fungsi sosial struktur teks dan unsur kebahasaan  beberapa teks khusus dalam bentuk formulir isian yang digunakan di perusahaan/ bank/instansi lain, dengan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan informasi yang relevan

3.1.2  Menjelaskan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk formulir isian yang digunakan di perusahaan/ bank/instansi lain, dengan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan informasi yang relevan

3.1.3 Membedakan fungsi sosial, struktur text unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk formulir isian yang digunakan di perusahaan/ bank/instansi lain, dengan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan informasi yang relevan

4.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk formulir isian yang digunakan di perusahaan/bank/instansi lain, terkait jati diri dan informasi yang relevan
4.1.1 menemukan gambaran umum isi teks khusus dalam bentuk formulir isian yang digunakan di perusahaan/ bank/instansi lain
4.1.2 menemukan informasi rinci dari teks khusus dalam bentuk formulir isian yang digunakan di perusahaan/ bank/instansi lain
4.1.3 menemukan padanan kata/frase sesuai konteks khusus dalam bentuk formulir isian yang digunakan di perusahaan/ bank/instansi lain
4.1.4 menemukan informasi tersurat dari teks khusus dalam bentuk formulir isian yang digunakan di perusahaan/ bank/instansi lain
4.1.5 menemukan informasi tersirat dari teks khusus dalam bentuk formulir isian yang digunakan di perusahaan/ bank/instansi lain


C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan dengan metode mind mapping, teknik ATM, dan pendekatan saintifik yang menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas, Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat
1. Memahami struktur teks dan unsur kebahasaan pada formulir isian yang digunakan di perusahaan, bank, instansi.
2. Memahami fungsi sosial formulir isian yang digunakan di perusahaan, bank, instansi.
3. Memahami ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam pemaparan jati diri sesuai dengan konteks penggunaanya. 
dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.

D. Materi Pembelajaran 
· Fungsi sosial
Memberikan data dan informasi yang tepat dan pada tempat yang tepat
· Struktur teks form isian dapat mencakup :
a. informasi yang digunakan di perusahaan, bank, dan instansi lainnya.
b. informasi rinci dan informasi tertentu dari formulir isian yang digunakan di perusahaan, bank, dan instansi lainnya
· Unsur kebahasaan
a. Ungkapan dan kosa kata yang lazim digunakan formulir isian yang digunakan di perusahaan, bank, dan instansi lainnya.
b. Pola pertanyaan yang lazim dalam formulir isian.
c. Kata kerja dalam bentuk past tense, simple present tense, dan future untuk mengisi formulir isian tentang pengalaman masa lalu, sekarang, dan yang akan dilakukan.
d. Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dan sebagainya dalam frasa nominal
e. Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan


E. Metode Pembelajaran
§ Pendekatan : Saintifik
§ Metode :  Mind mapping, teknik ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi), diskusi kelompok, tanya  jawab, penugasan
§ Model :  Discovery learning

F. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
Media/alat:
Ø Media LCD projector,
Ø Laptop,
Ø Bahan Tayang
Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Buku lain yang relevan

G.  Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama: (3 JP)
Indikator:
3.1.1 Mengidentifikasi fungsi sosial struktur teks dan unsur kebahasaan  beberapa teks khusus dalam bentuk formulir isian yang digunakan di perusahaan/ bank/instansi lain, dengan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan informasi yang relevan

3.1.2  Menjelaskan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk formulir isian yang digunakan di perusahaan/ bank/instansi lain, dengan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan informasi yang relevan

3.1.3 Membedakan fungsi sosial, struktur text unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk formulir isian yang digunakan di perusahaan/ bank/instansi lain, dengan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan informasi yang relevan

4.1.1 menemukan gambaran umum isi teks khusus dalam bentuk formulir isian yang digunakan di perusahaan/ bank/instansi lain

Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan

15’
Ø Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi, menyiapkan buku pelajaran, mengambil sampah yang masih terlihat

Ø Memotivasi peserta didik agar lebih fokus dalam mengikuti proses pembelajaran

Ø Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus 



Kegiatan Inti

a. Peserta didik mendengarkan percakapan dari video yang diputarkan oleh guru
(percakapan tentang seseorang yang akan memesan kamar di hotel)
b. Selama proses mendengarkan, peserta didik mengisikan form matching yang sesuai dengan percakapan yang diperdengarkan
(form isian terdapat di lampiran)
c. Tanya jawab tentang pengungkapan informasi jati diri dari percakapan yang diperdengarkan
e.g
Why does the woman make a phone call?
Why does the man ask the woman about her personal identity?
d. Peserta didik mengamati form isian dari sebuah hotel
e. Peserta didik mengisi formulir sesuai dengan percakapan yang diperdengarkan
f. Tanya jawab tentang fungsi sosial dan struktur formulir isian hotel
g. Bertanya jawab apakah pernah menuliskan sebuah form
e.g
have you ever filled a form?
What kind of form?
h. Guru menunjukan beberapa jenis form
i. Peserta didik memberikan respond tentang form mana saja yang pernah diisi
j. Mendiskusikan fungsi sosial dari masing masing form
k. Mendiskusiksn perbedaan form yang berbahasa Indonesia dengan yang berbahasa Inggris
l. Dalam kelompok, peserta didik mengamati beberapa bentuk form
m. Mendiskusikan masing masing fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari form yang diamati
n. Masing masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi
o. Peserta didik dari kelompok lain dapat memberikan masukan pada setiap presentasi
p. Guru memberikan feedback pada setiap presentasi

100’
Kegiatan Penutup

Ø Memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran
Ø Menyimpulkan pembelajaran pada hari ini
Is there anyone who wants to conclude what we have learned today?
Ø Memberikan tugas untuk mencari dan membawa formulir isian bank / perusahaan pada pertemuan berikutnya
Ø Menutup pertemuan dengan doa dan salam
20’

Pertemuan Kedua (3 JP)
Indikator:
4.1.2 menemukan informasi rinci dari teks khusus dalam bentuk formulir isian yang digunakan di perusahaan/ bank/instansi lain
4.1.3 menemukan padanan kata/frase sesuai konteks khusus dalam bentuk formulir isian yang digunakan di perusahaan/ bank/instansi lain
4.1.4 menemukan informasi tersurat dari teks khusus dalam bentuk formulir isian yang digunakan di perusahaan/ bank/instansi lain
4.1.5 menemukan informasi tersirat dari teks khusus dalam bentuk formulir isian yang digunakan di perusahaan/ bank/instansi lain

Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Kegiatan Pendahuluan (15’)


15’
Ø Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi, menyiapkan buku pelajaran, mengambil sampah yang masih terlihat
Ø Memotivasi peserta didik untuk dapat mengikuti pembelajaran dengan semangat dengan cara memberikan pujian kepada peserta didik
Ø Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus 
Ø Mereview kegiatan pada pertemuan sebelumnya dengan mengecek tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
Kegiatan Inti

a. Peserta didik memegang formulir isianya masing masing
b. Berpasangan dengan teman sebangku, bertanya jawab tentang fungsi dan struktur teks dari masing masing formulir (peserta didik mereview materi pada pertemuan sebelumnya)
c. peserta didik bertanya jawab tentang data yang terdapat dalam formulir.
d. Selama proses tanya jawab, guru berkeliling pada setiap pasangan peserta didik, menanyakan apabila ada kesulitan yang dihadapi peserta didik
e. Mendiskusikan hasil tanya jawab
f. Peserta didik dibagikan kartu role play
g. Masing masing peserta didik akan menjadi salah satu karakter
h. Peserta didik terbagi menjadi dua kelompok besar
(satu kelompok interviewer-petugas instansi-pemegang formulir, sementara kelompok yang lain adalah konsumen-yang akan di interview)
i. Masing masing peserta didik akan mencari pasangany dengan cara mengajukan satu pertanyaan : What do you want sir / maam?
Kelompok konsumen akan menjawab dengan kalimat yang terdapat dalam kartu
j. Masing masing peserta didik akan melakukan interview dengan pasangan nya masing masing
k. Masing masing pasangan akan menuliskan data yang diperoleh kedalam formulir yang telah dipegang oleh interviewer
l. Setelah selesai peserta didik akan kembali duduk bersama pasanganya masing masing
m. Peserta didik mempresentasikan formulir yang telah diisi beserta dengan informasi yang telah digali selama proses interview berlangsung
n. Peseta didik mendiskusikan hasil yang telah diperoleh dari proses role-playing
o. Peserta didik, secara individu, membaca formulir isian yang diberikan oleh guru kemudian menyimpulkan informasi yang terdapat dalam formulir tersebut

100’
Kegiatan Penutup (20’)

a. Memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran
b. Menyimpulkan pembelajaran pada hari ini
Is there anyone wants to conclude what we have learned today?
c. Mereview keseluruhan kegiatan yang telah dilakukan dalam dua meeting yang telah berlangsung
d. Peserta didik diminta untuk mengumpulkan beberapa formulir yang ada di RT atau RW di lingkungan nya
e. Peserta didik membandingkan beberapa poin perbedaan (dalam konteks budaya dan kemasyarakatan) antara formulir berbahasa Indonesia dengan formulir berbahasa Inggris yang telah dipelajari di kelas
f. Memberikan ucapan selamat dan pujian pada peserta didik

20’

F. Penilaian Hasil Belajar
Ø Teknik Penilaian:
a. Penilaian Sikap : Observasi/pengamatan
b. Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
c. Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja/Praktik

Ø Bentuk Penilaian:
a. Observasi : Jurnal guru
b. Tes tertulis : uraian dan lembar kerja
c. Unjuk kerja : Praktik/Pedoman Penskoran

Ø Instrumen Penilaian (terlampir)

G. Program Tindak Lanjut
1. Remedial
· Peserta didik yang belum mencapai KKM (75) diberi tugas untuk membaca beberapa teks form dalam bahasa Inggris dan atau mengisikan beberapa form selama dua minggu. Setelah dua minggu guru mengevaluasi kemajuan kompetensi peserta didik dalam menangkap makna dan teks form. Kemudian guru melaksanakan penilaian remedial.

2. Pengayaan
· Bagi peserta didik mempunyai nilai di atas 75 diberi pengayaan berupa tugas mandiri untuk mengisikan form kependudukan dalam bahasa Inggris sesuai dengan hasil wawancara dengan beberapa tetangga

Mengetahui,                                                                                   Mataram, 17 Juli 2018
Kepala MAN 1 Mataram                                                                Guru Mata Pelajaran



Drs. H. Muh. Syukri, M.MPd                                                        Siti Arifatul Khikmah, S.Pd
NIP. 196012311991031011                                                            NIP.196503111988032002

Comments

Popular posts from this blog

RPP BIOLOGI KELAS XII K13 REVISI 2018