RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : MAN 1 Mataram
Mata Pelajaran : Ilmu Kalam
Kelas / Semester : XI Peminatan Agama/ 1
Materi Pokok : Isra Mi`raj
Alokasi Waktu : 3 Pertemuan x 2 JP ( 3 X 45 menit)

A. Kompetensi Inti
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan baksat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2. Menganalisis peristiwa Isra’ Mi’raj dan hikmahnya

Menjelaskan pengertian Isra’ Mi’raj
Menganalisis peristiwa Isra’ Mi’raj dan hikmahnya
Menyebutkan dalil yang berkaitan dengan peristiwa Isra’ Mi’raj
4.1. Menceritakan peristiwa  Isra’ Mi’raj

Menjelaskan Proses terjadinya Isra’ Mi’raj
Menjelaskan Peristiwa-Peristiwa yang Terjadi Selama Isra’ Mi’raj
 Mengetahui Makna Isra’ Mi’raj terhadap keimanan manusia
Menganalsisis Pendekatan rasional tentang Isra’ Mi’raj
Menjelaskan Hikmah beriman kepada Isra’ Mi’raj
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti pembelajaran, peserta didik diharapkan memiliki kompetensi berikut :
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian Isra’ Mi’raj
2. Siswa dapat menganalisis peristiwa Isra’ Mi’raj dan hikmahnya
3. Siswa dapat menyebutkan dalil yang berkaitan dengan peristiwa Isra’ Mi’raj
4. Siswa dapat menjelaskan Proses terjadinya Isra’ Mi’raj
5. Siswa dapat menjelaskan Peristiwa-Peristiwa yang Terjadi Selama Isra’ Mi’raj
6. Siswa dapat mengetahui Makna Isra’ Mi’raj terhadap keimanan manusia
7. Siswa dapat menjelaskan Hikmah beriman kepada Isra’ Mi’raj




D. Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran Reguler
Pengertian Isra’ Mi’raj
Dalil yang berkaitan dengan peristiwa Isra’ Mi’raj
Proses terjadinya Isra’ Mi’raj
Peristiwa-Peristiwa yang Terjadi Selama Isra’ Mi’raj
Makna Isra’ Mi’raj terhadap keimanan manusia
Pendekatan rasional tentang Isra’ Mi’raj
Hikmah beriman kepada Isra’ Mi’raj
2. Materi Pembelajaran Pengayaan
Memberi kegiatan pengayaan bagi peserta didik yang telah mencapai batas ketuntasan atau melebihi target pencapaian konsep Isra’ Mi’raj (menyiapkan modul pembelajaran pengayaan);
Peserta didik yang sudah terampil memahami  dan menceritakan peristiwa Isra’ Mi’raj dengan presentasi di depan kelas  
Memberikan apresiasi terhadap hasil kerja peserta didik (misal: dipajangkan, digandakan, diumumkan terbuka, dsb.)
3. Materi Pembelajaran Remedial
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan Pembelajaran remedial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian.
Pembelajaran Remedial
Mengulang konsep peristiwa Isra’ Mi’raj  (dengan teknik tutor sebaya)
Mengulang pembelajaran  konsep peristiwa Isra’ Mi’raj (dengan teknik pembelajaran ulang oleh guru)
Memberikan perbaikan bagi peserta didik yang belum mampu memahami tentang peristiwa Isra’ Mi’raj 
E. Pendekatan, strategi dan Metode Pembelajaran
- Model Pembelajaran : Saintifik
- Strategi Pembelajaran : Kooperatif
- Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan.
F. Media dan Alat Pembelajaran
1. Buku Paket Ilmu Kalam kelas XII
2. Buku –buku yang relevan
3. Power Point
4. LCD dan Laptop
G. Sumber Belajar
-   Buku : Muh. Hamdi Ihsan, dkk. 2016. Ilmu Kalam kelas XI Bandung: Kementerian Agama RI
-  Buku lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama
Materi : Pengertian dan dalil -dalil Isra’ Mi’raj
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
· Mengucap salam dan berdoa untuk memulai pelajaran.
· Menyampaikan materi yang akan dipelajari dan tujuan belajar materi tersebut.
5 Menit
Inti
Mengamati:
· Peserta Didik ditugasi membaca buku teks dan sumber bacaan lainnya tentang, Pengertian Isra’ Mi’raj d
· Memperhatikan penjelasan guru tentang Pengertian Isra’ Mi’raj
Menanya:
· Peserta didik ditugasi untuk mengajukan pertanyaan tentang sesuatu yang ingin diketahuinya lebih mendalam terkait dengan Pengertian Isra’ Mi’raj
· Secara klasikal, peserta didik diminta untuk mengajukan sejumlah pertanyaan tentang dalil-dalil yang berkaitan dengan peristiwa Isra’ Mi’raj
Mengumpulkan data (eksperimen/eksplorasi):
· Peserta didik menunjukkan dalil-dalil tentang peristiwa Isra’ Mi’raj
· Peserta didik memberi contoh  dalil-dalil tentang peristiwa Isra’ Mi’raj
· Mendiskusikan secara kelompok tentang dalil-dalil tentang peristiwa Isra’ Mi’raj

Mengasosiasi:
· Peserta didik diminta untuk menganalisis dalil-dalil tentang peristiwa Isra’ Mi’raj
Mengomunikasikan:
· Peserta didik mengomunikasikan hasil analisisnya dalam bentuk tulisan peta konsep
· Pesera didik menyampaikan hasil kesimpulannya tentang dalil-dalil tentang peristiwa Isra’ Mi’raj
· Peserta didik diminta untuk memberi contoh dalil-dalil tentang peristiwa Isra’ Mi’raj  

35 Menit
Penutup
· Guru bersama siswa menyampaikan kesimpulan dari hasil pembelajaran
· Berdoa untuk mengakhiri kegiatan belajar.
· Mengucap salam.
5 Menit
Pertemuan kedua
Materi : proses terjadinya Isra’ Mi’raj dan peristiwa-peristiwa yang terjadi
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
· Mengucap salam dan berdoa untuk memulai pelajaran.
· Menyampaikan materi yang akan dipelajari dan tujuan belajar materi tersebut.
5 Menit
Inti
Mengamati:
· Peserta Didik ditugasi membaca buku teks dan sumber bacaan lainnya tentang, proses terjadinya isra’ mi’raj
· Memperhatikan penjelasan guru tentang proses terjadinya isra’ mi’raj
Menanya:
· Peserta didik ditugasi untuk mengajukan pertanyaan tentang sesuatu yang ingin diketahuinya lebih mendalam terkait dengan proses terjadinya isra’ mi’raj
· Secara klasikal, peserta didik diminta untuk mengajukan sejumlah pertanyaan tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi selama isra’ mi’raj
Mengumpulkan data (eksperimen/eksplorasi):
· Peserta didik menunjukkan peristiwa-peristiwa yang terjadi selama isra’ mi’raj
· Peserta didik memberi contoh  peristiwa-peristiwa yang terjadi selama isra’ mi’raj
· Mendiskusikan secara kelompok tentang proses terjadinya isra’ mi’raj dan peristiwa-peristiwa yang terjadi selama isra’ mi’raj

Mengasosiasi:
· Peserta didik diminta untuk menganalisis proses terjadinya isra’ mi’raj dan peristiwa-peristiwa yang terjadi selama isra’ mi’raj
Mengomunikasikan:
· Peserta didik mengomunikasikan hasil analisisnya dalam bentuk tulisan peta konsep
· Pesera didik menyampaikan hasil kesimpulannya tentang proses terjadinya isra’ mi’raj dan peristiwa-peristiwa yang terjadi selama isra’ mi’raj
· Peserta didik diminta untuk memberi contoh proses terjadinya isra’ mi’raj dan peristiwa-peristiwa yang terjadi selama isra’ mi’raj

35 Menit
Penutup
· Guru bersama siswa menyampaikan kesimpulan dari hasil pembelajaran
· Berdoa untuk mengakhiri kegiatan belajar.
· Mengucap salam.
5 Menit
Pertemuan ketiga
Materi : makna Isra’ Mi’raj dan hikmah beriman kepada isra’ mi’raj
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
· Mengucap salam dan berdoa untuk memulai pelajaran.
· Menyampaikan materi yang akan dipelajari dan tujuan belajar materi tersebut.
5 Menit
Inti
Mengamati:
Peserta Didik ditugasi membaca buku teks dan sumber bacaan lainnya tentang makna Isra’ Mi’raj dan hikmah beriman kepada isra’ mi’raj
Memperhatikan penjelasan guru tentang makna Isra’ Mi’raj dan hikmah beriman kepada isra’ mi’raj
Menanya:
Peserta didik ditugasi untuk mengajukan pertanyaan tentang sesuatu yang ingin diketahuinya lebih mendalam terkait dengan proses terjadinya makna Isra’ Mi’raj dan hikmah beriman kepada isra’ mi’raj
Secara klasikal, peserta didik diminta untuk mengajukan sejumlah pertanyaan tentang makna Isra’ Mi’raj dan hikmah beriman kepada isra’ mi’raj
Mengumpulkan data (eksperimen/eksplorasi):
Peserta didik menunjukkan makna Isra’ Mi’raj dan hikmah beriman kepada isra’ mi’raj
Peserta didik memberi contoh makna Isra’ Mi’raj dan hikmah beriman kepada isra’ mi’raj
Mendiskusikan secara kelompok tentang makna Isra’ Mi’raj dan hikmah beriman kepada isra’ mi’raj
Mengasosiasi:
Peserta didik diminta untuk menganalisis makna Isra’ Mi’raj dan hikmah beriman kepada isra’ mi’raj
Mengomunikasikan:
· Peserta didik mengomunikasikan hasil analisisnya dalam bentuk tulisan peta konsep
Pesera didik menyampaikan hasil kesimpulannya tentang makna Isra’ Mi’raj dan hikmah beriman kepada isra’ mi’raj
Peserta didik diminta untuk memberi contoh makna Isra’ Mi’raj dan hikmah beriman kepada isra’ mi’raj
35 Menit
Penutup
· Guru bersama siswa menyampaikan kesimpulan dari hasil pembelajaran
· Berdoa untuk mengakhiri kegiatan belajar.
· Mengucap salam.
5 Menit

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan Penilaian
1. Jenis/ Teknik Penilaian (terlampir)
Tes tertulis (evaluasi)
Lembar kerja siswa (LKS)
Penilaian proses


2. Bentuk Instrumen
a. Lembar observasi penilaian sikap peserta didik.
b. Lembar observasi psikomotor peserta didik.
3.  Pedoman Penskoran

Mengetahui,                                                                                 Mataram, 18 Juli 2019
Kepala MAN 1 Mataram                                                            Guru Mata Pelajaran


Drs.H. Muh. Syukri, M.MPd                                                    Dra. Hj. Nurratul Awwaliyah
NIP.196012311991031011                                                        NIP.197412312000032014

Comments

Popular posts from this blog

RPP BIOLOGI KELAS XII K13 REVISI 2018

RPP BAHASA & SASTRA INGGRIS KELAS X K13 REVISI 2018